PENANGANAN KOMPLAIN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI STUDI LITERATUR)

Oktavia, Ayu (2021) PENANGANAN KOMPLAIN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI STUDI LITERATUR). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (19kB)

Abstract

Proses Penanganan Komplain, Rumah sakit sebaiknya membentuk tim khusus penanganan komplain ketika akan membuat kebijakan serta sistem manajemen komplain. Tim tersebut terdiri atas petugas administrasi, staff pendamping pasien, manajer risiko, manajer mutu, tim hukum, dan perawat/staff lain yang berhubungan langsung dengan pasien. Pelayanan kesehatan merupakan usaha yang dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat dalam rangka meningkatkan, memelihara, dan memulihkan kesehatan penduduk yang meliputi pelayanan preventif, promosi, kuratif, dan rehabilitatif. Penelitian literature review ini bertujuan untuk mengidentifikasi penanganan komplain dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dengan menggunakan pendekatan literature review. Studi literature review ini diperoleh dari penelusuran artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2010-2020 dengan menggunakan Google scholar, Garuda, Neliti, Indonesia One Search. Berdasarkan hasil dari penelitian literature review dapat disimpulkan bahwa proses penanganan komplain secara efektif diperlukan adanya fasilitas unit penanganan komplain seperti instalasi pelayanan humas/pemasaran untuk menampung keluhan pelanggan, ketersediaan fasilitas penyampaian/pelaporan komplain di rumah sakitseperti kotak saran, email, SMS center, dan media sosial (Facebook, Twitter dan Instagram) sebagai langkah untuk mengakomodir keluhan, kritik maupun saran dari pelanggan rumah sakit, serta ketersediaan Standar Operasional Prosedur (SOP) proses penanganan komplain di rumah sakit acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instasi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis. Kata Kunci : Penanganan Komplain, Pelayanan Kesehatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penanganan Komplain, Pelayanan Kesehatan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 07 May 2022 13:32
Last Modified: 07 May 2022 13:32
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item