HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP (SKRIPSI LITERATURE REVIEW)

Rahmadani, Ariyanti Sri (2021) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP (SKRIPSI LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (17kB)

Abstract

Kementrian Kesehatan RI (2017) menyebutkan kesembuhan dan kepuasan pasien ditentukan oleh keberhasilan perawat dalam memberikan perawatan secara pelayanan keperawatan memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di rumah sakit dimana secara keseluruhan terutama rumah sakit. Komunikasi terapeutik menjadi sangat penting karena dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi profesional bagi perawat yang direncanakan dan dilakukan untuk membantu proses penyembuhan atau pemulihan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Desain penelitian yang digunakan adalah literature review. Studi literature review adalah cara yang dipakai untuk mengumpulkan data atau sumber yang berhubungan pada sebuah topik tertentu yang bisa didapat dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, internet, dan pustaka lainnya. Hasil penelitian menunjukkan dari 10 jurnal yang telah peneliti identifikasi diketahui bahwa perawat sudah memberikan asuhan keperawatan dengan baik. Terdapat hubungan fase yang paling dominan pada tahap orientasi. Tahap pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat yang paling mempengaruhi terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit adalah tahap orientasi. Tahap ini merupakan tindakan dalam melakukan validasi keakuratan data pasien dan rencana yang telah dibuat sesuai dengan keadaan klien saat berjumpa atau terkini, serta mengevaluasi hasil tindakan yang telah lalu atau tindakan sebelumnya. Kata kunci : Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 03 Oct 2021 04:50
Last Modified: 06 Jan 2022 13:32
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item