FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW)

Safitri, Devi (2021) FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI RUMAH SAKIT (SKRIPSI LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
201712047 Devi Safitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan klaim BPJS Kesehatan di rumah sakit masih terdapat kasus keterlambatan pengajuan klaim, hal tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pada Peraturan Menteri Kesehatan No.28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program JKN yang menyatakan bahwa Fasilitas Kesehatan mengajukan klaim setiap bulan secara reguler paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya, kecuali kapitasi tidak perlu mengajukan klaim. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya keterlambatan pengajuan klaim BPJS Kesehatan di rumah sakit berdasarkan studi empiris dalam 10 tahun terakhir. Metode penelitian yang digunakan ialah literature review yaitu dengan mengkaji 10 artikel dari beberapa database antara lain Google Cendekia dan Research Gate. Hasil penelitian berdasarkan 10 sumber jurnal yang dikaji, didapatkan bahwa faktor penyebab keterlambatan pengajuan klaim BPJS Kesehatan setelah dikelompokkan beradasarkan unsur manajemen yaitu Man (Tulisan DPJP tidak jelas dan tidak sesuai dengan istilah ICD, kesalahan pengkodean, kompetensi petugas pengelolaan klaim yang kurang, kurangnya koordinasi antar petugas, jumlah petugas pengelolaan klaim BPJS Kesehatan kurang, pengetahuan tentang ketentuan klaim biaya BPJS Kesehatan yang kurang, pengalaman kerja petugas, usia petugas, belum ada evaluasi beban kerja), Money (Kurangnya anggaran), Machine (Internet error, kinerja komputer lamban, kurangnya jumlah sarana komputer dan printer), Material (Ketidaklengkapan persyaratan berkas klaim), Method (Tidak adanya SOP/regulasi). Perlu dilakukan peningkatan baik secara kuantitas maupun kualitas pada sumber daya manusia yang terkait dengan proses pengklaiman BPJS Kesehatan, perlu adanya pembuatan atau pembaharuan SOP tentang proses klaim BPJS Kesehatan, perlu adanya peningkatan dan perbaikan sarana prasarana agar rumah sakit dapat menurunkan angka terjadinya keterlambatan pengajuan klaim BPJS Kesehatan. Kata kunci : BPJS, Pengajuan klaim, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: BPJS, Pengajuan klaim, Rumah Sakit
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 16 Sep 2021 05:24
Last Modified: 22 Oct 2021 08:02
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item