HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN PASIEN DALAM PENGGUNAAN LAYANAN POLI VIP UPT RUMAH SAKIT MATA MASYARAKAT JAWA TIMUR TAHUN 2019

Putri, Mega Ananda (2019) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN PASIEN DALAM PENGGUNAAN LAYANAN POLI VIP UPT RUMAH SAKIT MATA MASYARAKAT JAWA TIMUR TAHUN 2019. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (52kB)

Abstract

Kunjungan pasien Poli VIP UPT RSMM menurun 13,7% dan 35% pada bulan November dan Desember tahun 2018. Hal tersebut berdampak pada produktivitas dan pendapatan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara bauran pemasaran dengan keputusan penggunaan layanan Poli VIP di UPT RSMM Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan rancang bangun cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Juli 2019. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 81 responden dengan sampel 44 responden, menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian kunjungan poli VIP 75% didominasi umur 36-50 tahun sebagian besar berumur 36-55 tahun, pendidikan perguruan tinggi sebesar 48% dengan 34,1% PNS dan pendapatan tertinggi Rp 3.000.000,- s/d Rp 5.000.000,- sebanyak 43%. terdapat lima variabel bauran pemasaran yang mempunyai hubungan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p value product sebesar (0,000), price (0,024), promotion (0,050), physical evidence (0,468), productivity and quality (0,012). Sedangkan place (0,979), process (815) dan people (0,782) tidak ada hubungan dengan keputusan pembelian. Dari semua bauran pemasaran yang mendapat kategori tidak baik adalah productivity and quality karena tidak disediakannya kotak saran diruangan Poli VIP. Begitu pula dengan proses keputusan pembelian terdapat kategori rendah karena responden masih mempertimbangkan rumah sakit lain dalam keputusan pembelian. Maka perlunya rumah sakit menambah promosi untuk meningkatkan minat dan volume pembelian serta menyediakan kotak saran di ruang Poli VIP guna evaluasi dan perbaikan rumah sakit. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 05 Sep 2021 04:06
Last Modified: 23 Mar 2022 04:55
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item