MENGIDENTIFIKASI HUBUNGAN DIMENSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT

Darnatia, Aprillia Riska (2020) MENGIDENTIFIKASI HUBUNGAN DIMENSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT. Undergraduate thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (148kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (458kB)

Abstract

Indikator utama untuk mengetahui mutu pelayanan rumah sakit adalah kepuasan pasien. Kondisi masyarakat yang semakin kritis terhadap mutu pelayanan menjadi pendorong bagi profesi kesehatan untuk meningkatkan pelayanan terhadap kepuasan klien (pasien). Sedangkan buruknya manajemen dan pelayanan jasa kesehatan yang diberikan rumah sakit kepada pasien mengakibatkan banyak kerugian baik bagi rumah sakit maupun bagi pasien. Oleh sebab itu mutu pelayanan kesehatan sangat berkaitan erat dengan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan dimensi mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu literature review dengan tehnik survey paper. Hasil analisis dimensi mutu pelayanan kesehatan reliability dan assurance terdapat hubungan terhadap kepuasan. Dimensi mutu pelayanan kesehatan tangibles pada satu jurnal tidak terdapat hubungan dengan kepuasan pasien serta pada dimensi mutu responsiveness dan empathy juga dua jurnal yang tidak terdapat hubungan terhadap kepuasan pasien di rumah sakit. Saran untuk pihak rumah sakit yaitu perlu memperhatikan secara khusus dimensi mutu pelayanan kesehatan reliability dan assurance karena dari seluruh metode penelitian teori RATER yang digunakan sepuluh jurnal terdapat hubungan terhadap kepuasan pasien. Pihak rumah sakit juga perlu memperhatikan dimensi pelayanan kesehatan pada tangible, responsiveness dan empathy untuk meningkatkan mutu pelayanan karena adanya keterkaitan antara satu dengan lainnya serta untuk memperoleh dan mempertahankan loyalitas pasien. Kata kunci : dimensi mutu pelayanan tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy, kepuasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dimensi mutu pelayanan tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy, kepuasan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang > 362.11 Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Program Studi > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Indri Hartatiek Poerwatiningsih
Date Deposited: 30 Aug 2021 11:31
Last Modified: 12 Feb 2022 14:14
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item