EVALUASI KINERJA PETUGAS PENDAFTARAN PADA ERA REKAM MEDIS ELEKTRONIK (RME) DI RUMAH SAKIT Tk. III BRAWIJAYA SURABAYA

Syifa, Balqis Nur (2025) EVALUASI KINERJA PETUGAS PENDAFTARAN PADA ERA REKAM MEDIS ELEKTRONIK (RME) DI RUMAH SAKIT Tk. III BRAWIJAYA SURABAYA. Diploma thesis, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (405kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (11kB)

Abstract

Pelayanan pendaftaran menjadi faktor penting dalam mengukur suatu kualitas layanan yang ada di rumah sakit. Baik buruknya kualitas layanan sangat dipengaruhi oleh hasil kinerja petugas pendaftaran. Namun, terdapat beberapa penyebab yang membuat layanan pendaftaran menjadi tidak maksimal seperti petugas yang kurang ramah dalam melayani pendaftaran, pasien yang melihat petugas bermain ponsel saat jam pelayanan, SPO yang belum ditaati, dan masalah jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil kinerja petugas pendaftaran rawat jalan, rawat inap, dan gawat darurat di Rumah Sakit Tk. III Brawijaya Surabaya guna menghasilkan kualitas layanan yang bermutu pada era RME. Penelitian ini menggunakan teori T.R Mitchell 1978 dengan aspek kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan yakni total sampling. Instrumen yang digunakan penelitian ini yakni dengan lembar kuesioner dan lembar observasi. Hasil penelitian ini yakni aspek kualitas kerja 97% menyatakan sangat baik, aspek ketepatan waktu 78% menyatakan baik, aspek inisiatif petugas 81% menyatakan baik, aspek kemampuan 87% menyatakan sangat baik, dan aspek komunikai 87% menyatakan sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kinerja dari seluruh petugas pendaftaran tergolong baik. Dari hasil tersebut diharapkan bahwa Rumah Sakit Tk. III Brawijaya Surabaya dapat menetapkan tim audit untuk mengevaluasi kebenaran data, monitoring rutin waktu proses pendaftaran, memberikan pelatihan kepada petugas, membuat banner yang berisi forum komplain pasien, mengadakan kegiatan non formal, mengadakan evalusi rutin petugas, serta kepala rekam medis rutin memonitoring kinerja petugas. Kata kunci : Pendaftaran, Kinerja, RME, Rumah Sakit, Rawat Jalan, Rawat Inap

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran, Kinerja, RME, Rumah Sakit, Rawat Jalan, Rawat Inap
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor > 651.504 261 Rekam Medik
Divisions: Program Studi > D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Nazilatur Rohmah
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:26
Last Modified: 29 Oct 2025 03:26
URI: http://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item View Item